Sabtu, 15 Desember 2012

TURUNNYA HARGA KARET DI MUARO JAMBI

Turunya harga jual getah karet, salah satu komoditi andalan perkebunan di Kabupaten Muaro Jambi membuat petani menjerit dan berharap agar turunnya harga tersebut tidak berkepanjangan dan bisa kembali normal.
Sapadi 50 th, petani karet yang mengeluh karena sudah dua minggu belakang ini harga jual getah karet turun merosot tajam. “Dua minggu sebelumnya harga getah karet bersih di Jambi masih Rp 15 ribu perkilogram, tapi sekarang turun sampai Rp 11 ribu perkilonya,” jelas Sapadi Warga Bukit cinto Kenang Kabupten Muaro Jambi
Dengan harga jual Rp 10 Ribu perkilogram di muaro Jambi, dirinya berharap harga karet bisa setabil  dengan harga Rp 13 ribu perkilogramnya. Namun dengan harga jual sekarang ini, dirinya hanya mampu menjual kepasar lelang di km 35 dengan harga  10 ribu perkilogram.

Sapri  petani karet lainnya mengaku kuatir dengan kondisi harga yang semakin anjlok tersebut. Dirinya berharap harga jual getah karet kembali stabil dan normal seperti biasanya, bahkan kalau bisa mengalami kenaikan harga, sehingga dirinya mampu memenuhi kebutuhan keluarganya.
“Bagi yang punya kebun luas mungkin tidak begitu terasa dampak turunnya harga ini. Tapi bagi kami yang punya kebun sedikit, turunnya harga sangat terasa. Karena kalau terus turun, semakin berat bagi kami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa selalu dengar radio