Minggu, 09 Desember 2012

WASPADA MUSIBAH BANJIR DI KAB.MUARO JAMBI



Musim Hujan datang, Kabupaten Muaro Jambi, waspada musibah banjir. terkait hal tersebut Asisten II Setda Muarojambi Junaidi Sp mengatakan bahwa banjir tidak akan dapat dicegah namun dapat dilakukan antisipasi dampak buruk banjir.

 
"Berdasarkan data dari BMKG curah hujan di cukup tinggi. Begitu juga dengan debit air Sungai Batanghari juga mengalami kenaiakan, untuk itu kami akan mengantisipasi dan meminimalisir  dampak negatif banjir dengan mengelar rapat dengan intansi terakit dan pihak provinsi,
 
Senada dengan Aisisten II, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi Zakir mengatakan, untuk langkah antisipasi awalnya pihaknya akan menyiapkan posko banjir di kecamatan yang menjadi langganan banjir. 
 
"Antisipasinya kita akan menyiapakan posko dan juga akan berkordinasi dengan instansi lainnya seperti Dinas Kesehatan yang menyediakan obat-obatan dan Dinas Sosial yang menyediakan bantuan makanan,"kata Zakir 
 
Badan Penanggulangan Bencana juga akan bersiaga untuk mengangkut warga yang rumahnya sudah tengelam. BPBD juga menyiapkan perahu untuk digunakan mengevakuasi warga. Jika banjir sudah terlalu besar BPDB akan mendirikan tenda pengungsian untuk warga, sedangkan bahan makan di atur oleh Dinas Sosial, bisanya terdir dari mie instan, sarden, selimut dan kebutuhan sehari-hari lainnya.
 
Seperti diketahui di Muarojambi ini ada 6 kecamatan yang rawan banjir yaitu Kecamatan Kumpeh Ulu, Kumpeh Ilir, Taman Rajo, Jaluko, Muarosebo serta Kecamatan Sekernan, dikategorikan rawan banjir. Zakir menambahkan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk wilayah-wilayah yang menjadi langganan banjir ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa selalu dengar radio