Minggu, 07 Desember 2014

BERAS JAMBI

Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan daya saing pemasaran beras di Provinsi Jambi adalah dengan mempatenkan merk/label beras. Mulai tahun 2010, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota memfasilitasi pendaftaran label/packing beras Jambi sebanyak 13 (tiga belas) merek beras. Hingga saat ini, sebanyak 11 (sebelas) merek dagang yang sudah dipatenkan, sedangkan 2 (dua) merek beras sedang dalam proses pendaftaran hak paten. Diharapkan dari upaya tersebut memberikan peluang pemasaran beras Jambi yang lebih luas untuk menuju Jambi Emas 2015.


Pemasaran Beras di Provinsi Jambi
Permasalahan yang sering ditemukan produsen beras dalam meningkatkan daya saing beras lokal adalah:
Pada umumnya produksen lokal belum berani melakukan branding dan labeling produk beras yang mereka hasilkan dikarenakan tidaj ada permintaan pedagang.
Rendahnya pengetahuan produsen beras lokal dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk beras yang dihasilkan ( label, registrasi merk, dan produk)
Packaging dan labeling yang ada saat ini belum sesuai ketentuan (brand Jambi, varietas beras yang dikemas, No registrasi dll) Mutu beras yang dikemas belum memenuhi standar beras yang diperdagangkan (produk yang dikemas campuran/tidak dengan tingkatan kwalitas tertentu).


KELEBIHAN BERAS JAMBI

Beras Jambi tidak kalah kualitas rasanya dari beras produk luar (merek yang ada di pasaran). Ada 2 (dua) pilihan rasa : pulen atau pera sesuai dengan rasa yang diinginkan, sedangkan harga relatif lebih murah dibandingkan harga beras luar dengan kualitas yang sama Beras Jambi adalah beras yang dihasilkan dari budidaya padi di daerah Jambi,  masih baru, setelah panen dan proses penggilingan, langsung dipasarkan, sehingga tidak mengalami penyimpanan yang lama di gudang dibandingkan beras dari luar daerah. Beras Lokal murni tanpa campuran, tanpa bahan pengawet dan tanpa pemutih, sehingga sehat untuk dikonsumsi keluarga.

                 
                   

                   


Outlet:
PASAR MODERN KEBON HANDIL
Jl. DI.Panjaitan No.11 Simpang Jeluthung Kebun Handil.Jambi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa selalu dengar radio