Minggu, 21 Oktober 2012

Gubernur serahkan 50 Unit Mobil Pelayanan Internet Kecamatan

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA), menyerahkan 50 unit mobil pusat pelayanan internet Kecamatan (MPLIK) bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI kepada para Sekda yang mewakili Bupati/Walikota dalam Provinsi Jambi, di lapangan parkir Kantor Gubernur Jambi, Senin (8/10).
Seusai meninjau dan melakukan ujicoba kendaraan, Gubernur bersama Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, mendapatkan penjelasan dari Kepala Kantor Pengelolaan Data Elektronik (KPDE) Setda Provinsi Jambi, Sultan, tentang sistem kerja MPLIK. Gubernur menyampaikan terima kasihnya kepada Kemenkominfo RI, telah membantu 50 unit MPLIK bagi Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Jambi.

Dengan demikian maka masih ada 81 Kecamatan dalam Provinsi Jambi yang belum mendapat bantuan, karena ini diperioritaskan bagi daerah-daerah yang jauh, dan jumlah kendaraan masing-masing kecamatan disesuaikan luasan wilayahnya, sehingga tiap Kabupaten tidak mendapat jumlah kendaraan yang sama.
Dijelaskan Gubernur, bantuan MPLIK tersebut dimaksudkan untuk mendorong masyarakat yang berada dipelosok pedesaan agar melek terhadap informasi dan teknologi. Banyak masyarakat di daerah pedesaan masih tertinggal dengan dunia informasi termasuk internet.
”Untuk penambahan MPLIK sejenis, kita akan pelajari berapa harga perunit, mungkin bisa melalui dana samisake (satu milyar satu kecamatan), yang telah kita programkan, ini sangat penting sekali dalam rangka meningkatkan sumberdaya anak-anak kita di pedesaan,” ujar Gubernur.
Dalam operasionalnya diharapkan dapat dilakukan di sekolah-sekolah, dan di desa-desa di setiap Kecamatan, ini guna memperkenalkan kepada anak-anak sekaligus mengajari anak-anak akan teknologi informasi, jangan sampai meraka tertinggal.
Sedangkan untuk biaya operasinalnya, sebagaimana disampikan oleh KPDE Setda Provinsi Jambi selama empat tahun masih ditanggung oleh Kemenkominfo, dan setiap harinya dibiaya selama empat jam.
50 unit MPLIK yang diserahkan tersebut masing-masing diteruskan kepada Kota Jambi tiga Unit, Kabupaten Batanghari lima unit, Tebo empat unit, Bungo lima unit, dan Merangin lima unit.
Kemudian kabupaten Sarolangun lima unit, Kerinci tiga unit, Kota Sungai Penuh tiga unit, Kabupaten Muaro Jambi lima unit, Tanjung Jabung Timur lima unit dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat lima unit, dan dua unit untuk Provinsi Jambi.
Disamping Gubernur juga menyerahkan dua unit kendaraan operasional bantuan dari Kementerian Pertanian RI, untuk Dinas Pertranian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi. Masing-masing satu unit minibus izuzu Panther turing warna hitam, dan jenis Pick Up Ford warna putih.
Sumber : Info Jambi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa selalu dengar radio