Rabu, 10 Oktober 2012

Para pelaku pembakaran lahan dan hutan di wilayah Jambi masih bebas


Para pelaku pembakaran lahan dan hutan di wilayah Jambi masih bebas berkeliaran. Pasalnya, tim dari Dinas Kehutanan   Jambi terfokus pada pemadaman api, sehingga tak sempat menangkapi pelaku.
Titik panas akibat kebakaran lahan meningkat drastis dalam sepekan terakhir. Satelit NOAA yang diolah Dinas Kehutanan Provinsi Jambi,  memantau 65 titik panas tersebar di delapan kabupaten, yakni Muaro Jambi, Tanjung Tabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Tebo, Sarolangun, Bungo, dan Merangin. Sehari sebelumnya, jumlah titik panas terpantau bahkan mencapai 120 titik.
Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Agus Sriyanta mengatakan, banyaknya sumber api membuat tim Manggala Agni yang berjumlah lebih dari 100 orang itu kewalahan. "Walaupun, sebagian tim dari wilayah barat telah dikerahkan untuk ikut memadamkan api yang marak di timur dan tengah Jambi, kebakaran belum teratasi. Tim masih terfokus memadamkan api, sehingga belum dapat menangkap pelaku pembakaran lahan," 
Pihaknya juga khawatir upaya penangkapan pelaku untuk saat ini hanya akan memperlambat pemadaman api, serta berpotensi menimbulkan konflik di lapangan. "Kami berharap kepolisian turun tangan untuk menelusuri pelaku pembakaran lahan,"MJn Tampil beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa selalu dengar radio