Senin, 10 Juni 2013

Gubernur Buka MTQ ke 43 Tingkat Provinsi

Gubernur Buka MTQ ke 43 Tingkat Provinsi
P- Ribuan Kembang Api Pukau Peserta dan Masyarakat

Radio News Muaro Jambi .Perhelatan Akbar Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 43 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Muarojambi secara resmi di buka oleh Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus dengan pemukulan beduk yang diikuti oleh 11 kepala Daerah lainnya secara beriringan, acara pembukaan dilaksanakan tadi malam (8/06) sekitar pukul 21.30 WIB.

Selain pemukulan bedug, masyarakat dan seluruh yang hadir dibuat terpukau dengan letusan ribuan kembang api yang menghiasi lapangan arena utama di Kelurahan Jambi Kecil Kecamatan Marosebo tersebut, kembang api beragam warna dan beragam bentuk berlangsung sekitar 10 menit yang disambut riuh tepuk tangan oleh penonton yang hadir.

Dalam sambutannya, sebagai tuan rumah, bupati muarojambi Burhanuddin Mahir mengatakan, untuk peserta pelaksaan MTQ kali ini diikuti oleh 1106 peserta dari seluruh kabupaten/kota yang mengikuti 9 cabang perlombaan. “selaku organizing komite, kita telah berupaya untuk mempersiapkan acara ini sebaik mungkin,” sebutnya.

Tak hanya itu, bupati juga mengatakan jika pelaksanaan MTQ ini, sebaiknya tidak hanya sebatas perlombaan saja. “MTQ ini tidak hanya sekedar perlombaan, tujan utamanya adalah siar dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Sementara itu, Mahbub daryanto, kepala kantor kemetrian agama wilayah jambi mengatakan,kalau pada MTQ kali ini, pihaknya telah melakukan perubahan. Dimana jumlah buta aksara diprovinsi jambi telah berkurang dari yang disebutkan oleh gubernur jambi pada MQ tahun lalu. “Sekarang Alhamdulillah, jumlah anak yang buta aksara telah jauh berkurang. Bahkan anak-anak didik sekarang telah diajarkan untuk membaca alquran,” ungkapnya.

Pelaksanaan MTQ ini sendiri, disebutkan mahbub sebaai salah satu cara untuk menyiarkan tentang pemberantasan buta baca alquran. Sehingga pada 2014 mendatang, ditargetkan untuk bebas buta baca alquran di provinsi jambi, terutama di kabupaten muarojambi.

Gubernur jambi, hasan basri agus juga menegaskan, momentum pelaksanaan MTQ ini, bisa dijadikan sebagai salah satu langkah yang tak hanya sekedar membaca alquran, tetapi juga memahami isi alquran. “Sebagai umat muslim, kita harus berpegang teguh pada alquran, sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Karenanya, dengan pelaksaan MTQ, diharapkan dapat membentuk kualitas mental yang berkualitas dan tangguh, sesuai ajaran agama islam. Serta mampu mengamalkan ajaran agama ang terkandung dalam alquran di kehidupan sehari-hari.

Usai pembukaan MTQ, acara pembukaan juga dilanjutkan dengan melakukan pengibaran bendera yang dilakukan tim paskibraka. Selain itu, juga dilakukan tarian masa yang dilakukan oleh 200 orang peserta serta alunan merdu tim paduan suara. Tak heran jika ribuan masyarakat berbondong-bondong memadati arena MTQ untuk menyaksikan secara langsung acara pembukaan tersebut.

Acara kemudian ditutup dengan hiburan tarian masal ratusan penari yang berasal dari Kabupaten Muarojambi yang didominasi oleh warna kuning gemerlap yang mendeskripsikan Bumi Muarojambi sebagai Bumi sailun salimbai, para penari juga membawa replika candi Muarojambi sebagai trendmark kabupaten tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa selalu dengar radio